Monday, December 26, 2016

Fungsi Tombol/Opsi Pada Saat Menulis Post-an di Blogger

Kali ini saya akan memberikan fungsi beserta penjelasan dari tombol atau opsi yang terpampang di barisan atas kertas untuk menulis Post. 


1. Compose: Tampilan pada saat menulis, bisa juga dibah menjadi HTML.

2. Post Title:  Kolom Judul 

3. Font: sebagai pilihan jenis tulisan. 

4. Lambang tT (Font Size): ukuran Font. Serta Kolom sebelahnya, berfungsi sebagai pengatur jenis tulisan yang akan digunakan (contoh: judul, dll)
contoh: 
tujuhbelasoktober
tujuhbelasoktober
tujuhbelasoktober
tujuhbelasoktober
tujuhbelasoktober

5. Bold, italic, underline 

6. Tanda Coret: untuk mencoret tulisan, contoh: abcdefghijklmnopq

7. Warna: pemberi warna tulisan

8. Highlighters/ text Background color: untuk memberi Stab*lo atau Highlighters pada tulisan, contoh: tujuhbelasoktober 

9. Links: Untuk memberi link web atau menggantiannya dalam kalimat, cara: 


10. foto dan video: untuk menampilkan foto dan video. 

11. ekstra Karakter dan Simbol: untk menambah simbol yang tidak terdapat pada keyboard pada penulisan. 

12. Insert Jump Break:  untuk menampilkan tulisan readmore. untuk selengkapnya baca disini

13. Alignment, Numbered List, Bullet List: berfungsi untuk memilih justify, centre, dll. 
Numbered Lst berfungsi sebagai penomoran pada setiap spacing, sama seperti numered List, namun bullet list berupa lingkaran bukan angka. 

14. Format Remover: untuk menghilangkan format yang dipakai sebagai contoh: mengembalikan tulisan yang telah di bold, italic, dan underline. caranya hanya memblock dan klik tombol tersebut.

15. Labels: untuk menandai tulisan anda

16. Schedule/jadwal: untuk memberi jadwal jika anda ingin mempubllsh sesuatu. jika anda menjadwali, secara otomatis post-an anda akan terpublish sesuai dengan jadwal yang ditetuntukan.

17. permalink: link untuk menggapai post-an anda yang ingin di publish, anda bisa mengubahnya. 

18. Location:  lokasi post-an anda, saat anda mempublish

19. Publish: Jika anda ingin mengunggah tulisan anda di blog anda. 

20. Save:  untuk menyimpan tulisan anda, namun belum terunggah/terpublis.

21. Preview: untuk melihat hasil tulisan anda sementara dalam sudut pandang pengunjung. 

semoga bermanfaat...

Saturday, December 24, 2016

Mau jadi penulis Wattpad? Begini Caranya...


Wattpad memang memiliki banyak penggemar, mulai dari remaja hingga dewasa. Tak jarang banyak para penulis Wattpad yang mengais uang dari media social tersebut. Para penulis tersebut tentunya memiliki banyak penggemar dari buku-buku yang ia publish di Wattpad. Siapa sangka? Sebagian dari mereka ditawari penerbit buku untung merilis buku mereka di toko buku. Tapi menulis tidak gampang loh, berikut TBO akan memberi tata cara menulis Wattpad

1. Utamakan Jalan Cerita yang Menarik!

Salah satu kunci sukses di Wattpad adalah jalan cerita kamu yang terbilang menarik dan tidak pasaran. kenapa? Karena semakin Menarik cerita kamu semakin banyak pula para pembaca yang senang membaca cerita-cerita.
"Cerita menarik itu kayak gimana sih?"
Cerita menarik itu cerita yang 100% konflik dan jalan ceritanya karya kamu dan memiliki daya tarik tersendiri, kita menyarankan bagi kamu untuk tidak nyolong-nyolong jalan cerita orang. Selain itu, cerita yang menarik memiliki konflik dan penyelesaian yang tak terduga.

2. Struktur yang Benar 

Berawal dari Abstrak, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Revolusi, Koda. Bisa juga kamu membuat double konflik yang membuat cerita kamu menarik. 
Tapi ingat! usahakan Konflik yang memungkinkan dan sesuai dengan genre cerita kamu.

3. Sesuai Dengan Genre

Kamu harus menyesuaikan cerita kamu dengan Genre yang pas. misalkan kisah cinta anak SMA, maka Genre seharusnya adalah teenfiction

4. Beri Line Spacing Pada setiap dialog dan paragraf 

contoh: 

Ken menyeruput kopi favoritnya, melihatnya saja aku sudah bahagia. Aku mulai melangkah mendekatinya, aku tak perduli orang lain akan bilang seperti apa. 

"Jangan dekati aku," ucapnya. Bahkan ia enggan melihatku.

"Kenapa?" Aku tersenyum berusaha menghibur diriku sendiri, mungkin hatinya sedang kacau. 

--------

5. Terdiri dari 2000 hingga 5000 Words per Bab

ada baiknya membuat cerita tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak kata. 

6. Tidak menyingkat kata.

hindari penyingkatan kata saat menulis di Wattpad. 

contoh: Org, orang2, "emgnya knp? gw cuman pengen d sini" 

sebaiknya hindari kata atau kalimat yang disingkat seperti tulisan diatas. gunakan EYD yang benar.

7. Update paling lama Seminggu sekali 

Jangan pernah membiarkan Cerita anda menggantung begitu saja. Apalagi kalau sudah mencapai 10 ribu Views. Jika baru sedikit, jangan pernah putus asa karena sewaktu-waktu Cerita-mu bisa saja terkenal asalkan memiliki cerita yang unik dan menarik. 

8. Menulis Sinopsis di bagian Deskripsi Cerita.

tulis Sinopsis agar bisa menarik para pembaca, baca selanjutnya disini

baca juga:



artikel asli tujuhbelasoktober.blogspot.com






Friday, December 23, 2016

7 Hal yang orang Indonesia sering lakukan di social media

Tujuhbelasoktober-  kalau lagi  ngomongin social media, hampir semua orang Indonesia punya social Media; mulai dari facebook, twitter, instagram, path, snapchat, dll. Bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari 5 akun di socmed. seiring perkembangan zaman dan gadget yang mulai canggih makin mempermudah kita untuk aktif di socmed ya guys, mulai dari anak SD, SMP, SMA, Kuliah, dewasa, nenek-nenek, Siapa sih yang gak punya yang namanya socmed ?sebenernya gaada salahnya guys asal situs-situs tersebut dimanfaatkan dengan baik.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengn pengguna socmed yang banyak. Kira-kira hal apa ya, yang orang Indonesia sering lakukan di Social media?

1. Pasang Status, Sindir Doi. 

Nah hayoo... Siapa yang pernah kayak gini? Kalau kamu punya masalah sama temen, pacar atau apapun pasti kamu pernah kan sindir mereka lewat social media? Hihi... Kalau hal ini seringnya terjadi di akun Line. 

2. Membanjiri comment akun artis luar negeri kalau mereka lagi post mengenai Indonesia

Orang Indonesia sering berkomen dengan bangga-nya kalau ada artis luar negeri yang mengunggah foto yang berbau Indonesia, karena saking banyaknya yang komen, membuat papan komen mereka di penuhi kalimat-kalimat orang Indonesia... Hihi... Sebenarnya kalau yang ini sih gaada salahnya...

3. Berkomen negatif bila ada artis Indonesia yang mengunggah foto seksi-nya 

Kalau ini sering kita lihat di akun-akun artis muda indonesia. Banyak banget orang indonesia yang melakukan hal ini. menurutmu yang ini bagaimana guys???

4. Melakukan apapun demi menjadi Hitz di Socmed

Jadi terkenal? Siapa sih yang gak mau? Apalagi banyak banget orang yang terkenal lewat akun ask.fm , nah disinilah orang Indonesia berlomba-lomba menjadi artis ask.fm!

Bahkan mereka rela membuat tulisan yang tak sesuai fakta demi menjadi terkenal.

5. Berjualan/Berdagang di akun Artis.

kalau yang ini menurut kalian gimana guys? sebenarnyah sah-sah saja kalau mereka tidak mengganggu.Tapi semakin banyaknya online shop semakin banyak pula yang mempromosikan dagangan mereka di akun orang tanpa izin.

6. Instagram kedua untuk curhat

hayoo jujur siapa yang suka curhat lewat second ig, biasanya second ig ini hanya untuk orang-orang yang di kenal + di private guys. biasanya sih di kalangan anak remaja.

7. OM TELOLET OM

wah kalo yang ini mah...




*ps: tdk semua pengguna socmed indonesia melakukan ini:)*
artikel asli TUJUHBELASOKTOBER.BLOGSPOT.COM